Simak Prinsip Kerja Genset Diesel yang Tak Banyak Orang Tahu

Di tengah banyaknya jenis genset yang banyak dijual di pasaran, banyak masyarakat yang memutuskan untuk membeli genset diesel karena kelebihan yang ditawarkannya. Namun di pembahasan kali ini, kita tidak akan membahas mengenai kelebihan yang ditawarkan genset tersebut, melainkan mengenai prinsip kerja genset diesel yang bisa Anda lihat di bawah ini.  

Bagaimana cara kerja dari mesin genset diesel?

Sebagai informasi, genset diesel merupakan salah satu jenis genset yang menggunakan bahan bakar solar dan memiliki tenaga yang jauh lebih kuat dibandingkan mesin genset bensin. Adapun mengenai prinsip kerja genset diesel sendiri, umumnya hampir sama mengenai jenis genset lainnya, yakni mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Dalam genset diesel sendiri, umumnya memiliki beberapa komponen penting dalam membantu menghasilkan energi listrik, di antaranya yakni sebagai berikut. 

  1. Mesin penggerak 

Pada mesin genset diesel, mesin penggerak yang dimaksud disini yakni berupa mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar. Yang mana, cara kerja dari mesin penggerak diesel sendiri yakni dengan mengubah energi bahan bakar menjadi gerak mekanik berupa putaran. Sehingga, putaran itulah yang nantinya akan memutar rotor pada generator. 

  1. Generator

Selanjutnya, Anda juga akan menemukan komponen penting berupa generator yang berguna sebagai penghasil energi listrik. Adapun cara kerja dari komponen ini, yakni dengan bagian rotor yang akan berputar pada lilitan tembaga dan medan magnet. Dengan demikian, maka nantinya akan dapat menghasilkan daya elektromagnetik yang bisa diubah menjadi energi listrik yang keluar dari generator. 

  1. AVR

Terakhir, ada komponen AVR yang memiliki kegunaan penting dalam membantu menstabilkan tegangan arus listrik dalam genset. Ketika arus listrik dihasilkan oleh mesin genset, maka nantinya akan langsung diteruskan menuju komponen AVR satu ini. Di dalam AVR satu ini, akan ada proses pengendalian tegangan listrik yang dapat menghasilkan arus listrik menjadi lebih stabil. 

Itulah tadi informasi penting seputar prinsip kerja genset diesel, yang mana bisa Anda ketahui dan pahami dengan baik sebelum memutuskan untuk membelinya di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *