Bukan Cuma Stainless Steel, Berikut 6 Jenis Pipa Besi Yang Umum Dipakai

Ketika membahas pipa besi seperti pipa besi sch 40, Anda barangkali familier dengan jenis stainless steel yang umum digunakan. Bukan hal mengherankan, sebenarnya, karena pipa tersebut tak memerlukan perawatan berat sekaligus anti karat, salah satu contohnya yaitu pipa besi sch 40. Namun, tahukah Anda beberapa pipa selain pipa besi sch 40, seperti pipa di bawah ini pun menggunakan besi sebagai material utama dalam produksinya?

  1. Pipa hitam

Dikenal juga sebagai pipa gas, pipa hitam umumnya dimanfaatkan sebagai penyalur gas atau air yang dialirkan dari sumber hingga pengguna akhir. Pipa berwarna hitam ini seringnya dipasang di area pabrik dan pertambangan, tetapi juga kerap dipakai sebagai rangka beberapa konstruksi.

  1. Pipa galvanis

Pipa galvanis memakai lapisan khusus yang diproses memakai teknik hot-dipped. Tujuannya adalah meningkatkan daya tahan, terutama di tempat lembap. Maka dari itu, jenis pipa ini lebih cocok dipakai untuk area outdoor untuk mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari dan air hujan.

  1. Pipa welded

Dalam pembuatannya, pipa welded memakai teknik penyambungan dan pengelasan. Adapun jenis material yang digunakan adalah plat besi yang dilengkungkan sedemikian rupa, lalu bagian ujungnya dilas sampai menjadi pipa. Sayangnya, daya tahan pipa welded tak sekuat pipa besi lainnya.

  1. Pipa seamless

Berikutnya ada pipa seamless yang tak mempunyai sambungan seperti pipa welded, tetapi punya ketahanan lebih baik. Di sisi lain, harganya relatif mahal di pasaran. Jadi, pertimbangkan baik-baik pemakaiannya supaya memberikan dampak positif kepada Anda.

  1. Pipa hollow

Sesuai namanya, pipa hollow atau pipa kotak yang populer digunakan di bidang konstruksi. Jenis pipa ini efektif diaplikasikan sebagai rangka dinding partisi serta besi plafon. Beberapa kelebihan pipa hollow mencakup harga terjangkau, anti rayap, dan tahan lama.

  1. Pipa oval

Terakhir ada pipa oval yang bentuknya lebih membulat dibandingkan pipa hollow. Adapun material utamanya adalah stainless steel yang dilapisi krom. Penggunaannya kerap dijumpai pada perabot seperti meja dan kursi hingga otomotif mencakup knalpot kendaraan.

Setelah menyimak daftar pipa besi di atas, adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *