Penting Untuk Diketahui! Inilah Tips Memilih Jasa Cetak Buku Tahunan Yang Tepat

Mendekati waktu kelulusan sekolah, saatnya mencari percetakan buku untuk cetak buku tahunan atau Yearbook sekolah. Bagi murid yang diberi tanggung jawab mengurus buku tahunan mungkin pusing mencari mana tempat percetakan buku yang bisa dipilih, apalagi kini banyak sekali tempat percetakan. Tak perlu khawatir, berikut tips memilih tempat percetakan buku tahunan. 

  1. Cek Portofolionya

Sebagian besar tempat jual jasa cetak buku tahunan sekolah biasanya menunjukkan sampel portofolio terbaik yang mereka punya agar calon pelanggan tertarik cetak di tempat tersebut. Hal ini bisa anda lakukan saat mengakses situs web percetakan tersebut, atau melihat langsung di tempat percetakannya.

  1. Pelayanan

Poin kedua ini wajib diperhatikan sebelum pilih tempat cetak buku tahunan sekolah. Pastikan anda menemukan jasa percetakan yang pelayanannya baik, ramah, dan juga cepat tanggap. Pastikan jasa tersebut mudah dihubungi juga.

  1. Cek Testimoni Konsumennya

Selain itu, anda harus memastikan juga bahwa testimoni yang diberikan pelanggan-pelanggan sebelumnya itu positif. Namun jangan asal saat memeriksa testimoninya, harus diketahui terlebih dahulu bahwa semua testimoni tersebut betul-betul asli, bukan testimoni palsu yang dibuat-buat. Cek testimoni tersebut melalui website-nya atau media sosial jika mereka memiliki akun media sosial.

  1. Cek Fasilitas dan Penawaran Harganya

Jangan mudah tergiur dengan jasa percetakan yang menawarkan harga cetak buku terlalu murah hingga di luar batas wajar dan katanya bisa memberikan cetakan buku berkualitas tinggi. Harga biasanya dipengaruhi apa bahan kertas, jenis finishing, serta jumlah buku yang akan dicetak. Jadi, harga harus make sense atau masuk akal, sesuai fasilitas yang ditawarkan. 

Maka dari itu, sesuaikanlah harganya dengan hal-hal tersebut. Sesuaikan juga harga yang ditawarkan jasa percetakan tersebut dengan budget yang sudah anda tetapkan bersama teman-teman sekolah. Anda bisa mendiskusikan terlebih dahulu soal harga dengan jasa percetakannya nanti, berapa jumlah buku yang hendak dicetak, editing, desain, dan lain sebagainya.

Jangan sampai ada miskomunikasi dengan pihak percetakannya. Jadi itu dia beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda dalam mencari tempat jasa cetak buku tahunan sekolah. Semoga berhasil menemukan jasa percetakan buku tahunan yang tepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *