Jurusan Kuliah Yang Berkaitan Dengan Data Science

Apakah kamu tertarik dengan materi kuliah data science? Jurusan data science memang sedang populer beberapa tahun terakhir karena perkembangan teknologi yang cepat. Jika kamu kehilangan kesempatan untuk kuliah dengan jurusan data science, jangan khawatir. Jurusan kuliah di bawah ini juga masih berkaitan dengan data science.

Statistika

Data science berkaitan erat dengan ilmu statistika karena dibutuhkan untuk mengolah dan menginterpretasi data. Sehingga bisa dikatakan kedua bidang studi ini saling berkesinambungan. Jurusan statistika mengajarkan cara mengumpulkan, mengelola, menganalisis, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari data yang ada.

Statistika juga mempelajari logika yang terjadi di masa lalu untuk digunakan dalam pengambilan keputusan di masa mendatang. Konsep ini digunakan pada bidang data science untuk hal-hal seperti pengumpulan data, eksplorasi data, model training dan testing, interpretasi dan visualisasi model, dan implementasi model.

Sistem Informasi

Jurusan kuliah selanjutnya yang berkaitan dengan materi kuliah data science adalah sistem informasi. Bidang studi ini mendalami tentang cara membuat dan mengoperasikan perangkat lunak dan perangkat keras untuk berinteraksi dengan data. Jurusan ini juga mempelajari tentang pengumpulan, penyaringan, dan pendistribusian data.

Mahasiswa jurusan sistem informasi akan diajarkan tentang dasar-dasar pemrograman, struktur data, basis data, dan algoritma, yang semuanya berkaitan erat dengan data science.

Teknik Komputer

Jurusan teknik komputer tidak hanya tentang merakit komputer atau laptop saja. Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari tentang keamanan komputer, rekayasa perangkat lunak, pemrograman, algoritma, dan materi lainnya. Perlu kamu ketahui bahwa 20% hingga 30% pelajaran di jurusan teknik komputer berkaitan dengan matematika.

Jika kamu memang sudah yakin dengan jurusan ini, disarankan untuk mengambilnya di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Sehingga, kamu menjadi lebih siap saat di universitas, serta lebih familiar dengan istilah-istilah yang ada.

Banyak ahli sudah memprediksikan bahwa masa depan akan didominasi oleh teknologi dan sistem digital. Sehingga, data scientist menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan. Kamu bisa mengambil jurusan-jurusan kuliah di atas yang masih berhubungan dengan materi kuliah data science.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *