3 Kelebihan Menggunakan Sous Vide Machine

Ada banyak restoran besar yang menggunakan sous vide machine dalam mengolah menu makanan terbaiknya. Hal itu karena metode sous vide ini memiliki banyak kelebihan sehingga olahan makanan menjadi lebih nikmat. Penasaran dengan kelebihan mesin sous vide? Simak penjelasan singkatnya. 

  1. Makanan Tidak Terlalu Matang Lagi

Teknik memasak yang satu ini dapat menghindari masalah seperti makanan dimasak terlalu matang atau overcooked. Hal ini terjadi akibat bahan makanan dimasak dalam suhu konstan dan merata sehingga kematangan dapat dibatasi. Bahkan tidak ada bagian yang lebih panas atau kurang panas untuk proses memasak menggunakan sous vide machine. 

Mesin ini juga memastikan tekstur makanan tetap lembut dan lembab sehingga makanan yang dihasilkan lebih konsisten dan memuaskan. Jadi, tidak heran apabila banyak koki profesional yang lebih memilih menggunakan teknik ini dibandingkan teknik memasak lainnya. 

  1. Menghasilkan Rasa Lebih Enak

Penggunaan teknik sous vide dalam proses memasak mampu meningkatkan rasa makanan menjadi lebih enak. Penyebabnya karena nutrisi dan rasa alami dari bahan makanan tetap terjadi dengan baik. Apabila dibandingkan dengan metode memasak konvensional, sous vide juga mampu mempertahankan rasa alami dan kandungan nutrisi dari bahan makanan dengan lebih baik. 

Hasilnya, rasa alami dari makan menjadi lebih menonjol dan memberikan sensasi lebih enak saat disantap. Sous vide machine membantu mempertahankan karakteristik asli dari makanan tersebut, sehingga pengalaman kuliner yang dirasakan lebih memuaskan bagi konsumen. 

  1. Menghemat Waktu

Penggunaan mesin sous vide dalam mengolah makanan sangatlah tepat dan cepat. Hal ini akan menghemat waktu Anda meskipun nantinya perlu proses pemanggangan atau pembakaran singkat agar makanan tampak lebih segar. 

Perlakuan tersebut juga bertujuan untuk memberikan sentuhan akhir pada permukaan bahan makanan, sehingga terbentuk lapisan kulit yang lebih renyah dengan tampilan lebih menarik. Namun perlu diperhatikan pula agar Anda tidak mengolahnya terlalu lama karena makanan sudah lebih dulu matang saat diproses dalam mesin sous vide. 

Itulah penjelasan singkat mengenai kelebihan dari sous vide machine. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *