8 Spesialis Dokter Gigi Jakarta Yang Wajib Diketahui

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat akan berkunjung ke klinik gigi adalah memilih dokter gigi jakarta yang sesuai kebutuhan. Untuk itu, Anda harus tahu jenis-jenis dokter gigi yang ada saat ini. Dan, berikut ini, kita ada daftar spesialisasi dokter gigi yang perlu Anda ketahui.

  1. Spesialis Bedah Mulut

Dokter gigi dengan spesialisasi ini bertugas untuk memberikan perawatan bedah gigi. Biasanya, pencabutan gigi dengan komplikasi tertentu atau operasi gigi yang butuh bius total dilakukan oleh dokter gigi spesialis ini. Tumor, operasi celah bibir atau perbaikan tulang rahang juga area yang termasuk dalam perawatan dokter gigi ini.

  1. Spesialis Kedokteran Gigi Anak

Seperti namanya, dokter gigi spesialis anak bertugas memberikan perawatan gigi untuk anak. Mereka memberikan perawatan berbagai masalah gigi pada anak. 

Spesialis gigi anak juga mempelajari psikologi anak. Hal ini diperlukan agar anak merasa nyaman dan tidak takut saat diperiksa giginya.

  1. Spesialis Konservasi Gigi

Bila Anda membutuhkan perawatan saluran akar gigi, pembuatan veneer, atau pemutihan gigi, dokter gigi spesialis ini bisa membantu Anda. Tugas mereka adalah membuat fungsi dan estetika gigi bertahan lebih lama.

  1. Spesialis Penyakit Mulut

Spesialis penyakit mulut adalah dokter gigi yang bertugas menangani berbagai masalah kesehatan pada jaringan lunak pada mulut. Misalnya, masalah sariawan, gusi, atau masalah yang lebih kompleks seperti tumor pada mulut.

  1. Spesialis Ortodonti

Anda mungkin paling akrab dengan spesialis yang satu ini. Banyak orang mendatangi dokter gigi jakarta ini untuk memasang kawat gigi, melepas behel, dan sejenisnya. Pada umumnya, tugas dokter gigi spesialis ortodonti adalah mengatasi kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan gigi.

  1. Spesialis Periodonsia

Dokter gigi dengan spesialis periodonsia mengatasi berbagai masalah jaringan pendukung gigi atau gusi. Jadi, masalah gusi turun, gusi bengkak, gigi berdarah, implan gigi, gigi goyang dan sejenisnya diatasi oleh dokter gigi dengan spesialis periodonsia.

  1. Spesialis Prostodonsia

Kalau Anda ingin mempercantik gigi, seperti memasang implan, vener atau sejenisnya, dokter gigi dengan spesialisasi di bidang prostodonsia adalah jawabannya. Mereka ahli dalam mengganti gigi hilang dan membuat gigi tampak normal lagi.

Selain itu, ahli gigi prostodonsia juga melakukan perawatan kelainan sendi rahang. Rasa sakit saat membuka atau menutup mulut, lalu ada suara ‘klik’ saat membuka rahang bisa mereka atasi.

  1. Spesialis Radiologi

Dokter gigi ini bertugas memeriksa hasil radiologi gigi Anda. Mereka dapat mendiagnosa masalah yang ada dalam gigi yang sulit terdeteksi dengan pemeriksaan standar.

Penutup

Itu dia sekilas tentang spesialis dokter gigi jakarta yang perlu Anda ketahui. Informasi ini biasanya dicantumkan pada profil dokter gigi. Jadi, Anda bisa memilih dokter gigi yang tepat untuk kondisi dan perawatan gigi yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *