Hal-hal Penting Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Pemasangan Atap Gelombang Instan

Melakukan pemasangan atap bukan hal yang mudah dan asal-asalan. Dibutuhkan banyak pertimbangan baik dari segi material hingga teknik. Tujuannya agar hunian yang tercipta tidak mengalami kendala seperti bocor, retak, rusak, dan lainnya.

Salah satu material yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih material atap yaitu atap gelombang instant. Atap instant terbilang berbeda jadi jenis genteng biasa pada umumnya. Ketahanan dan kekuatan atap ini terbilang sangat tinggi sehingga aman digunakan. Lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan pemasangan? yuk simak:

  1. Pilih Baut Atap Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Dalam memasang atap gelombang instan ini, Anda tentu membutuhkan pengait yang menyatukan antara reng dengan material atap yang digunakan. Pengait ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan atap agar tidak mudah bergeser.

Anda bisa menggunakan baut atau paku yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan tinggi gelombang agar bisa menopang. Misalnya saja, tinggi gelombang atap < 30 mm, maka gunakan baut berukuran 12 kali 50 mm.

Untuk menjaga agar atap tidak kotor, bisa menggunakan baut yang tidak berkarat atau bekas. Pastikan Anda membeli baru untuk menjaga atap tetap baik. Anda juga bisa memilih baut drilling yang sudah dilengkapi dengan karet untuk mencegah karat.

Dalam pemasangan baut, pastikan sudah melakukan dengan benar dan rapat. jangan sampai ada celah sehingga tidak bergeser dan menyebabkan atap bocor.

  1. Pastikan Alur Gelombang Seragam Dan Lurus

Dalam pemasangan atap gelombang instant Anda juga harus memperhatikan alur gelombang. Pastikan gelombang atap lurus, teratur, dan seragam. Jangan sampai ada yang berbelok atau di luar aturan yang ditentukan. Hal ini bertujuan agar aliran air hujan dapat mengalir dengan lancar dan tidak menggenang di satu sisi. 

Selain itu, pemasangan sesuai alur gelombang lurus dan seragam juga dapat mencegah risiko kebocoran dan kerusakan pada atap. Dengan begitu Anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk perbaikan.

  1. Ketahuilah Arah Angin Agar Atap Tidak Mudah Geser

Mungkin Anda bukan ahli cuaca yang bisa menebak arah angin dan perubahannya secara tiba-tiba. Namun, Anda bisa memperkirakannya melalui fenomena tahun sebelumnya.

Pertimbangan ini ditujukan agar atap tidak mudah renggang dan kokoh diterpa angin hebat. Lantaran Anda tidak dapat memastikan keadaan setia waktunya. Sehingga Anda harus berpartisipasi agar tidak menimbulkan kesalahan.

  1. Tentukan Jenis Dan Tipe Gelombang

Material ini tidak hanya memiliki jenis dan satu tipe saja. Melainkan terdapat banyak yang dijual di pasaran. Sehingga Anda perlu melakukan pertimbangan agar tidak salah pilih. Jika Anda tidak memahaminya, carilah pihak yang mengerti tentang material ini.

Sekian pembahasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasang atap gelombang instant. Hal-hal di atas penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kualitas hunian yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *