4 Faktor Penyebab Mesin Genset Mitsubishi Tak Menyala Dan Solusinya

Sebagaimana mesin pada umumnya, genset Mitsubishi tak terlepas dari berbagai masalah. Untuk memperbaikinya, beberapa orang akan langsung membawanya ke tempat servis. Namun sebaiknya Anda mempelajari dulu faktor penyebab kerusakan pada genset supaya lebih mudah menjelaskan masalahnya pada teknisi atau montir dan mendapatkan solusi yang sesuai.

Rusak akibat mesin tak menyala

Salah satu gangguan yang umum dijumpai pemilik genset mitsubishi adalah mesin yang tak menyala. Tak sedikit orang yang panik saat mengalaminya. Akan tetapi, reaksi tersebut malah membuat Anda sulit menemukan jalan keluar untuk mengatasinya.

Kira-kira, apa saja faktor yang menyebabkan mesin genset yang tak kunjung menyala? Berikut penjelasannya, lengkap dengan solusi yang ditawarkan.

  1. Bahan bakar habis

Genset dapat berfungsi normal saat bahan bakar masih tersedia dan mengalir lancar. Masalah muncul saat persediaan bahan bakar yang tersedia sudah habis atau Anda tak memakai produk dengan kualitas bagus. Mesin tak hanya bekerja lebih keras, tetapi juga cepat bermasalah.

Dalam menanganinya, Anda bisa isi ulang bahan bakar kalau memang habis. Sementara kalau berhubungan dengan kualitas, carilah produk yang direkomendasikan produsen genset. Barangkali harganya mahal, tetapi memberi performa terbaik.

  1. Volume oli tak penuh

Faktor penyebab selanjutnya yang membuat genset Mitsubishi bermasalah biasanya berkaitan dengan volume oli. Jika ketinggian oli yang disarankan tak terpenuhi, Anda akan menerima sebuah peringatan. Setelah itu, mesin genset akan mati.

Penanganan yang dapat diaplikasikan pada gangguan ini adalah mengecek volume oli secara berkala. Kemudian, isi dengan produk yang sesuai kalau dibutuhkan. Setelah ketinggian terpenuhi, tinggal putar ke posisi off, lalu nyalakan gensetnya.

  1. Busi kotor dan bercelah

Busi merupakan komponen dalam genset yang berfungsi untuk sumber pengapian yang memakai bahan bakar bensin. Maka dari itu kalau sampai busi bermasalah, dampaknya merembes ke berbagai komponen. Tak terkecuali mesin yang riskan mati.

Maka dari itu, Anda harus sering membersihkan busi yang kotor dan mengeringkannya saat terlalu lama terpapar bahan bakar. Sementara kalau sudah bercelah, segera ganti busi untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

  1. Faktor kerusakan lainnya

Masih ada beberapa faktor yang menyebabkan gangguan hingga kerusakan yang memicu mesin genset mati di tengah pemakaian. Antara lain tersumbatnya filter bahan bakar, karburator yang tak berfungsi, kontak tak bisa digunakan, dan lain sebagainya.

Apa yang harus dilakukan saat genset menghadapi lebih dari satu masalah? Ada baiknya bawa langsung ke dealer atau teknisi berpengalaman. Setelah mendapatkan perbaikan, genset harus Anda rawat secara berkala untuk mencegah masalah-masalah tadi.

Setelah mengetahui faktor-faktor di atas, Anda diharapkan lebih siap mengambil tindakan saat genset Mitsubishi mengalami kendala tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *