Ketahui Jumlah Kebutuhannya Setelah Tahu Harga Atap Multiroof Untuk Proyek Anda

Sebelum Anda memulai pengerjaan pemasangan atap multiroof, ketahui terlebih dahulu harga atap multiroof per lembarnya. Jangan lupa pula untuk menghitung kebutuhan atap tersebut pada proyek Anda ini. Informasi berikut ini akan memberikan Anda sedikit gambar menghitung kebutuhan atap multiroof. Perhitungan ini pun akan mempermudah Anda menentukan biaya yang diperlukan untuk membeli atap multiroof. 

Lakukan Pengukuran Sisi Kemiringan Atap

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghitung kebutuhan atap multiroof adalah mengukur sisi kemiringan atapnya terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri model atap yang paling populer digunakan adalah model pelana kuda. Model ini umumnya memiliki panjang 8 meter dengan lebar 10 meter.

Kuda-kuda atap model ini biasanya mencapai 2 meter dengan tambahan tudung samping dengan ukuran 1 meter. Walaupun sudah ada standar ukuran umumnya, ada baiknya tetap melakukan pengukuran secara manual agar hasilnya lebih akurat.

Lakukan Perhitungan Luasan Sisi Atap

Setelah mendapatkan ukuran sisi kemiringan atapnya, sekarang gunakan rumus phitagoras menggunakan angka-angka yang sudah Anda dapatkan tersebut. Rumus ini akan membantu Anda untuk menentukan hasil luasan sisi atapnya. Rumus yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

 =  

Jika rumus ini diaplikasikan sesuai dengan standar ukuran di atas maka menjadi sebagai berikut.

=

=

=

 = 5.385 meter

Jika dibulatkan maka luas sisi atapnya adalah 5.4 meter.

Hitung Total Kebutuhan Atap Multiroof

Nah, sekarang Anda bisa mulai menghitung kebutuhan atap multiroof untuk proyek Anda ini. Rumus umum yang bisa Anda gunakan adalah

Total luas atap = panjang x 2 luas sisi atap

                        = 10 meter x 5.4 meter x 2

                        = 108 meter2

Katakanlah Anda menggunakan atap multiroof dengan ukuran panjang 770 mm dan lebar 1000 mm atau 0.77 meter x 1 m = 0.77 meter. Maka kebutuhan atap multiroofnya adalah sebagai berikut

= Luasan atap x luasan atap multiroof

= 108 m2 x 0.77 m = 83.16

Jika dibulatkan maka Anda memerlukan sekitar 84 lembar atap multiroof. 

Biaya yang Anda Perlukan untuk Membeli Atap Multiroof

Katakanlah harga atap multiroof yang Anda piliha adalah Rp.155.000 per lembarnya. Maka biaya yang harus Anda keluarkan adalah

= harga atap multiroof per lembar x kebutuhan atap multiroof

= Rp.155.000 x 84 lembar

= Rp.13.020.000

Nah, itu dia cara menghitung kebutuhan atap multiroof untuk proyek renovasi atau pembangunan Anda. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa mencari harga atap multiroof yang sesuai dengan budget. Yang paling penting atap multiroof tidak berlebih ataupun kurang.

Biaya yang Anda keluarkan pun menjadi lebih efisien. Sudah pasti, proyek pemasangan atap pada bangunan Anda pun berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *