Cara Kerja dan Perawatan Genset Diesel Yang Tepat

Mesin genset diesel adalah salah satu jenis mesin genset yang berfungsi untuk memasok sumber daya pada perangkat elektronik. Genset ini adalah sumber alternatif apabila tidak terdapat listrik dari PLN atau listrik yang tersedia mengalami gangguan dan tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Sebenarnya penggunaan genset diesel ini adalah hal yang wajar di Indonesia. Sebagian masyarakat di tanah air sudah terbiasa menggunakan genset jenis ini, khususnya sebagai cadangan energi di bidang bisnis dan industri. Tentu saja, untuk memastikan usaha Anda tetap berjalan dengan lancar walaupun saat listrik mati, Anda membutuhkan seperangkat energi alternatif. Untuk itu, genset diesel merupakan jawaban yang tepat.

Lalu, bagaimanakah sebenarnya cara kerja dari genset diesel? Bagaimana pula cara merawat mesin yang satu ini agar tahan lama? Berikut ulasannya.

Cara Kerja Genset Diesel

Bisa dikatakan bahwa genset diesel adalah jenis genset yang berbeda dari genset lainnya. Selain karena bahan bakarnya yang berasal dari solar, mekanisme dalam menghasilkan energi juga tidak sama. Mesin genset jenis diesel ini bekerja dengan memanfaatkan pengapian kompresi sehingga bahan bakar dapat dinyalakan. Ketika kompresi level tinggi sudah didapatkan, mesin akan menghasilkan panas dan energi pembangkit listrik bisa digunakan.

Mesin genset yang sudah menghasilkan daya dapat dengan mudah digunakan untuk mengaktifkan peralatan elektronik. Namun, dalam penggunaannya, Anda harus tetap berhati-hati. Pasalnya, tidak semua perangkat elektronik mungkin kompatibel dengan sumber energi yang satu ini. Untuk itu, pastikan untuk memperhatikan petunjuk pemakaian untuk menghindari risiko perangkat elektronik justru rusak setelah dihubungkan dengan genset diesel.

Cara Perawatan Genset Diesel

Lalu, bagaimanakah cara perawatan genset diesel yang baik? Perlu diketahui jika genset diesel ini mungkin tidak digunakan setiap hari. Atau, genset ini hanya digunakan hanya saat Anda membutuhkan listrik darurat. Namun, perawatan harus tetap dilakukan secara berkala untuk mencegah kerusakan dan mesin tetap awet.

Salah satunya adalah dengan menyimpan genset di tempat kering saat tidak digunakan. Sebelum dan sesudah menggunakan genset, Anda juga harus rajin membersihkan mesin dari debu dan kotoran. Pastikan melakukan pengecekan kabel dan komponen lainnya untuk mengetahui apakah ada bagian yang rusak. Yang terakhir, tetap panaskan genset secara berkala walaupun sedang tidak digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *