4 Tips Sukses Kerja Sambil Kuliah Sistem Online

Banyak orang memilih jalur kerja setelah lulus SMA/SMK. Saat ini, mereka yang kerja di umur muda dimudahkan dengan kuliah sistem online. Kuliah online jauh lebih fleksibel dan cocok bagi mereka yang sudah bekerja. Agar lebih sukses kuliah online sambil kerja, ikuti tips – tips pada artikel ini!

Mulai Dengan Mengatur Jadwal Detail

Agar lebih lancar kuliah dan kerja, buatlah jadwal yang jelas untuk diikuti. Contoh jam kerja mulai dari 08.00 sampai 15.00, lalu waktu belajar mulai dari 17.00 sampai 19.00. Pastikan juga sesuaikan jika ada jadwal kelas online live. Jika sibuk dengan proyek khusus, edit jadwal agar bisa menyesuaikan.

Saat memiliki jadwal jelas, pekerjaan dan proses kuliah akan lebih mudah diprediksi. Anda yang memiliki rutinitas tersebut hingga tidak menjadi beban lagi karena sudah menjadi kebiasaan.

Aktif Komunikasi Dengan Dosen dan Kantor Seputar Situasi Diri

Pastikan komunikasi dengan dosen dan pihak kantor transparan. Misal saat Anda ada tugas proyek penting, coba beritahu dosen untuk izin. Semisal ada tugas yang terlambat, Anda paling tidak sudah memberi tahu penyebabnya dan memberi bukti sibuk. Dosen biasanya pengertian soal ini dan tidak akan memberi sanksi nilai.

Lebih Ringan Belajar Lewat Bantuan Internet

Belajar material kuliah sistem online terkadang sulit. Jika ingin lebih ringankan beban belajar ini, gunakan material yang lebih mudah dicerna yang tersedia di internet.

Banyak video dan artikel seputar materi pembelajaran yang dibahas lebih sederhana. Bantuan gambar infografik dan video di internet pasti membantu proses belajar kuliah lebih baik saat sibuk kerja.

Jangan Lupa Istirahat

Menyeimbangkan kuliah dengan kerja sering membuat orang lupa dengan istirahat. Pastikan jangan memaksakan diri dan melupakan kesehatan. Jika sampai sakit, tidak hanya masalah dengan pekerjaan, tapi kuliah juga akan berantakan.

Sebisa mungkin, tetap hidup berimbang dengan istirahat, makan yang sehat dan olahraga cukup. Gunakan suplemen kesehatan juga bila perlu.

Bagi yang kerja sambil menjalani kuliah sistem online, pastikan gunakan tips di atas agar lebih sukses. Semoga karir dan jalur akademik Anda makin lancar hingga mencapai impian yang diinginkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *