Fungsi Dan Manfaat Besi Plat Strip

Siapapun tahu bahwa istilah plat strip besi sangat berkaitan dengan dunia konstruksi, yang memiliki fungsi tertentu pada konstruksi tersebut. Plat strip ini biasanya digunakan dalam sebuah pada sebuah besi yang sangat dibutuhkan dalam sebuah pembangunan sebagai tulang yang mengokohkan bangunan itu. Oleh karena itu, besi platnya tidak bisa dianggap tidak penting disaat besi adalah salah satu elemen utama konstruksi.

Pengertian Besi Plat

Sebelum masuk pada fungsi dan manfaatnya, perlu dipahami dengan seksama pengertian dari besi plat strip itu sendiri. Dimana besi plat jenis ini adalah salah satu material stainless steel yang terbuat dari besi. Sedangkan, plat strip ini memiliki banyak varian bahan seperti bahan silikon, nikel dan banyak lagi. Plat besi ini biasanya disebut dengan plat bar, dan pembuatannya membutuhkan peralatan khusus.

Ukuran plat besi ini ada yang kecil dan tidak kelihatan, ada juga yang memiliki dimensi lebar. Produk yang sering mengaplikasikan material ini adalah pagar, kendaraan, pintu dan juga termasuk berbagai peralatan rumah tangga.

Fungsi dan Kegunaan Besi Plat

Bagi Anda yang awam mengenai hal-hal atau barang-barang yang digunakan pada konstruksi, jika Anda ingin mengetahui apa saja fungsi dan manfaat utama dari besi plat strip adalah:

  1. Membuat Plat Landasan

Salah satu fungsi plat besi adalah membuat plat landasan yang memang banyak digunakan dalam sebuah bangunan, dengan istilah lain adalah bale plat.

  1. Pelat Lekat

Ada juga plat lekat yang merupakan salah satu fungsi plat besi tadi atau biasa disebut dengan end plate. Ini juga pastinya akan ditemui pada konstruksi besi.

  1. Membuat stiffeners

Ada lagi satu istilah yang bisa dibentuk dari plat besi yaitu pelat rib yang merupakan pembuatan stiffeners. Ini merupakan bantalan pengaku yang digunakan pada titik tumpuan sebuah balok.

  1. Pembuatan Dudukan

Plat besi juga bisa difungsikan atau digunakan sebagai pembuatan dudukan atau yang disebut sepatu gording. Yaitu tempat sebuah elemen struktur baja tersusun dan terpasang dengan baik.

  1. Rangka Teralis

Bukan hanya itu, plat besi ternyata juga bisa berfungsi sebagai rangka teralis. Dimana rangka ini memang menggunakan plat besi, karena teralis ini memang terbuat dari material besi sehingga akan dijumpai banyak besi.

  1. Jari-jari Pagar

Fungsi terakhir bisa dikatakan bahwa plat besi ini dapat bermanfaat sebagai jari-jari pagar. Artinya, disetiap rangka pagar tersusun juga plat besi seperti ini untuk memperkokoh.

Bisa dilihat oleh Anda seberapa penting penggunaan besi plat strip pada pekerjaan konstruksi. Terbukti dari banyaknya fungsi dan manfaat yang bisa Anda rasakan saat membuat bangunan. Oleh karena itu, perhatikan dengan benar bagaimana sebaiknya penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *