Perhatikan 4 Hal Ini Saat Merancang Tangga Berbahan Besi UNP

Selain untuk rangka atap dan konstruksi bangunan, besi UNP yang biasanya ada di tempat jual UNP rupanya bisa dimanfaatkan untuk membuat tangga minimalis. Materialnya yang kokoh membuatnya aman dipasang untuk menopang beban. Namun, Anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan.

  1. Pilih lokasi pemasangan

Tangga yang memakai besi sebagai material utama sebaiknya dipasang secara permanen. Hal tersebut nantinya berdampak pada bentuk tangga dan dinding atau permukaan yang dipakai sebagai sandaran. Maka, pertimbangkan baik-baik penempatannya sebelum proses dimulai.

Jika punya bujet lebih, Anda sebaiknya sewa jasa arsitek untuk menetapkan lokasinya. Dari sini, perancangan tangga, terutama unuk konsep minimalis, dan pemasangannya akan lebih mudah.

  1. Tentukan bentuk tangga

Salah satu keunggulan yang ditawarkan besi UNP adalah fleksibilitas pembentukannya. Kendati begitu, Anda perlu menentukan bentuknya sejak awal untuk memudahkan proses pemasanganya. Dalam hal ini, tangga putar sering direkomendasikan oleh tempat jual UNP, terutama untuk ruangan kecil.

Sementara untuk di area terbuka dan luas, tangga menerus atau yang berbentuk L adalah pilihan yang tepat. Selain itu, tangga bisa dijadikan sebagai akses utama.

  1. Ukur ketinggian tangga

Mengukur ketinggian tangga bertujuan untuk menentukan jumlah serta tinggi trap anak tangga. Langkah ini biasanya dilakukan secara vertikal. Oleh karena itu, Anda harus melakukannya secara langsung melalui survei untuk mendapatkan hasil akurat sebelum memasang besi UNP.

Tinggi trap sendiri merupakan jarak di antara anak tangga yang berpengaruh pada kenyamanan Anda saat naik dan turun.

  1. Kualitas material bangunan

Hal terakhir yang harus dicek tentunya adalah kualitas besi yang akan digunakan. Selain UNP, material lainnya yang kerap digunakan untuk membuat tangga adalah besi WF dan baja kanal C. Ada juga pipa, besi beton, stal kotak, dan plat bordes yang dipakai untuk melengkapinya.

Cek apakah besi mempunyai kualitas yang terjamin, entah baru maupun bekas, supaya tangga tahan lama dan tak mudah rusak.

Selamat membangun tangga dengan besi UNP sebagai akses bangunan yang aman dan menambah nilai estetika! Temukan besinya di tempat jual UNP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *