Ketahui Jenis – Jenis Baja Ringan TASO

Baja ringan menjadi salah satu material konstruksi bangunan pengganti material kayu yang lebih banyak di pilih oleh masyarakat saat ini. Selain harga baja ringan TASO yang efisien, ketahanan baja ringan juga sangat baik, termasuk baja ringan TASO.

Namun, tahukah kamu, ternyata baja ringan TASO memiliki banyak jenis dengan desain yang beragam untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan. Apa saja kira – kira? Berikut informasinya untuk kamu.

Jenis – Jenis Baja Ringan

Baja ringan TASO memiliki dua jenis yang memiliki fungsi yang berbeda – beda. Berikut ulasannya untukmu :

  1. Baja Ringan Bentuk Canal atau C

Yang pertama dari jenis baja ringan ini adalah baja ringan jenis canal atau C, atau juga sering disebut Truss. Jenis ini yang paling sering dijumpai dalam konstruksi bangunan. Umumnya penggunaan baja jenis ini untuk rangka atap bangunan gedung ataupun rumah.

Penggunaannya juga cukup efisien dan cepat untuk dirakit. Bentuk ini juga menjadi bentuk yang paling dan merupakan bentuk asli yang sampai saat ini masih banyak digunakan.

  1. Baja Ringan Model Reng

Jika jenis pertama berbentuk seperti huruf C, untuk model reng ini menyerupai huruf A. Bentuknya lebih ramping daripada baja ringan model Canal.

Jika model Canal digunakan sebagai rangka atap, maka model reng ini digunakan sebagai dudukan atau tempat peletakan genteng. Selain untuk menopang genteng, baja ringan reng ini juga digunakan untuk mengatur setiap jarak genteng agar lebih presisi dan juga peletakannya lebih teratur.

Bahan Utama Baja Ringan TASO

Bahan dasar pembuatan baja ringan ini adalah galvanum yang dibuat khusus sehingga tahan korosi. Material ini juga sangat efektif untuk menggantikan material kayu yang mudah hancur apalagi jika berhubungan dengan rayap.

Tenang, karena harga baja ringan TASO sendiri merupakan material yang anti rayap dan tentu saja sudah bisa dijamin keawetan dan ketahanannya. Sehingga dalam proyek pembangunan tentu akan lebih hemat dan juga ramah lingkungan. Walau begitu, kamu tetap akan mendapatkan struktur bangunan yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *